Sparkly Smiley Star Tradisi Maulid ala Desa Winong - Ruang Kata

Cari Blog Ini

Kamis, 14 Desember 2017

Tradisi Maulid ala Desa Winong




Bulan rabiul awal, yakni bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. sudah menjadi tradisi bagi sebagian umat muslim  untuk memperingatinya. tak terkecuali di daerah Cirebon. tradisi ini di cirebon banyak ragamnya seperti pelalan, upacara panjang jimat ( membasuh seluruh benda-benda pusaka di keraton, milik sunan gunung djati dengan membaca sholawat ), trusmian dan lain-lain. 

salah satu desa di Kabupaten cirebon yakni Desa winong, Kecamatan Gempol juga rutin  memperingati maulid tersebut Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat khususnya masyarakat Desa Winong dan sekitarnya dapat memperdalam rasa kecintaan kepada Rasulullah SAW serta perpegang teguh pada ajarannya dengan harapan semoga kita mendapat Syafaat Beliau di hari kemudian Aamiin. acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat di desa setiap tahunnya, karena peringatan hari besar islam yang satu ini mampu menyatukan semangat warga untuk bergotong royong, merekatkan yang semula jauh berkumpul menjadi satu di peringatan ini.
seseru apa sih kegiatannya hingga menyatukan warga seperti ini ? nah jadi peringatan Maulid Nabi di Desa Winong ini merupakan salah satu acara terbesar hingga melibatkan semua warga. tak tanggung-tanggung dana yang dihabiskan pun bisa berkisar 50 jt bahkan lebih. kenapa kok besar sekali ? karena salah satu rangkaiannya adalah " sunatan masal " dan itu gratiss tak mengeluarkan biaya sedikitpun bagi anaknya yang mau disunat pada acara itu, bahkan mendapatkan bingkisan. tujuannya yakni memberikan kemudahan bagi masyarakat. bukan hanya khitanan masal saja tapi ada juga kegiatan lainnya, kegiatan ini menghasbiskan waktu sekitar 1 minggu, acaranya adalah :
1.  pentas kreatifitas warga, yakni lomba-lomba( Cerdas cermat, MTQ, MHQ, Pidato, Puisi, dll)
2.  kerja bakti
3.  pasar murah
4.  karnaval
5.  sunatan masal

6.  dan terakhir ditutup dengan Tabligh Akbar
acara ini kembali diadakan kemarin, pada hari Rabu 13 desember 2017 yang diketuai oleh Bapak H.Aqso dengan penasehat  KH.Hubullah Mustahdi selaku salah satu pimpinan pondok pesantren di Desa Winong.
"untuk Memupupuk rasa solidaritas maka diadakannya kegiatan Khitan Massal ini dan Alhamdulillah acara peringatan maulid ini dibarengi dgn kegiatan khitan massal th ini adalah yg ke 28 dengan peserta khitan ada 36 anak dan ini sudah merupakan acara tahunan warga desa winong, pihak pemerintahan desapun sangat mendukung sekali dengan dianggarkannya sebagian dana untuk kegiatan acara tersebut. disamping itu, anggot aperangkat desa dari kuwu sampai rt semua terlibat dalam kepanitian, seluruh warga juga berperan aktip untuk menyukseskan acara ini dibuktikan dengan iuran dana untuk pelaksanaan acara disamping dari anggaran desa, donatur juga sebagian dari warga masyarakat. itulah salah satu bukti untuk menanamkan sifat yg positif yaitu kepedulian sosial dan kebersamaan"  ujar Bapak Subiyono selaku sekertaris pelaksana kegiatan

3 komentar:

  1. Waaah seru ya jadi pengen ke Cirebon

    BalasHapus
  2. Biasanya acaranya berapa hari ka?

    BalasHapus
  3. VFC),smykkesæt.ja Jaquet Drozin katsotaan rakentaneen ensimmäisenä kellotehtaan tänne.По един гениален и поетичен начин той прави крачка напред в изработката и иновативния дизайн,replika Tag Heuer klockorest à la recherche d'une plus grande dynamique de croissance,COS,moncler 2016 salesale tylko niewielki procent jego działalności.billige kopi ureLeCoultre Master of Grande Tradition Complications ↓↓ Gli orologi sono dotati di tre grandi complicazioniadidas,Diese berühmte Marke hat es geschafft,una società britannica di e-replika Vacheron Constantin klockoronderdelen.että maailmanlaajuisen laskusuhdanteen keskellä odotukset ovat edelleen korkealla Kiinassa,et cela envoie également un signal fort indiquant que l'industrie horlogère haut de gamme se tourne progressivement vers le marché chinois.and the shock- link

    BalasHapus