Sparkly Smiley Star Peran Ibu dalam Pengasuhan dan Pendidikan Anak - Ruang Kata

Cari Blog Ini

Selasa, 26 Desember 2017

Peran Ibu dalam Pengasuhan dan Pendidikan Anak



Orang Tua merupakan figur yang pertama kali dikenal oleh anak. Ayah dan Ibu mereka adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Karena itu ayah dan ibu memiliki pengaruh besar untuk perkembangan anak, mulai dari pengembangan kepribadian, karakter dan lainnya. Tapi, untuk menjadikan seorang anak berkarakter itu tidaklah mudah, karena karakter anak tidak dibentuk begitu saja, perlu menggunakan teknik tertentu.

Banyak kasus kerusakan moral yang terjadi pada anak, disebabkan karena pengasuhan yang buruk dari orang tua. Seperti terjadinya kekerasan dalam rumah tangga, konflik yang terus menerus, stress sampai menyebabkan depresi, itu semua faktor yang bisa jadi mempengaruhi karakter anak, bukan hanya kondisi fisik namun juga kondisi mental.
Berbagai tantangan tersebut memperjelas bagaimana peran ayah dan ibu dalam pengasuhan anak dengan baik. Orang tua juga membutuhkan pemahaman untuk dapat mengembangkan karakter dan pendidikan anak, bagaimana orang tua seharusnya memberikan pengasuhan dan pendidikan yang baik dan benar.
Terutama peran ibu sebagai seorang istri dan anak. Karena ibu memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengurusi rumah tangga.
Nah bagaimana sih sebagai perempuan, yang sudah menjadi ibu ataupun masih calon menjadi ibu agar menjadi sosok orang tua yang benar-benar memberikan karakter baik untu anak-anaknya ?
Yuk kita simak pendapat ibu Dian Mutiah, dosen Fakultas Psikologi UIN Jakarta


http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28288

Tidak ada komentar:

Posting Komentar